Kamis, 18 November 2010

DIBALIK LAYAR KESUKSESAN PAK WINARNO



        Kisah ini sangat menggugah hati saya saat menonton Kick Andy yang bertemakan “Mengejar Mimpi”. Kisah yang dialami oleh seorang bapak bernama Pak Winarno. Anak yang berasal dari keluarga miskin. Ayahnya adalah seorang informan polisi yang tidak lulus SD dan ibunya,seorang tukang pijat yang buta huruf. Masa sekolah dan kuliah yang identik dengan perjuangan keras, dari urusan biaya,fasilitas untuk bersekolah yang serba sulit didapat. Ditambah dengan perjalanan ke sekolah yang cukup jauh membuat beliau harus menempuh jarak dengan berjalan kaki. Namun segalanya itu,beliau jalani dengan gigih dan tanpa putus asa. Dari keadaan inilah terbenak prinsip yang kuat dalam diri beliau agar bisa keluar dari keadaan tersebut. Beliau mulai berpikir bahwa jika suatu saat beliau pintar maka beliau pasti bisa berhasil dan keluar dari keadaan yang serba sulit itu. Akhirnya setiap hari,beliau pun memompa semangat dalam diri dengan belajar yang tekun agar bisa memperoleh nilai yang tertinggi di sekolahnya. Berkat kerja kerasnya itu,membuat beliau bisa berhasil meraih nilai tertinggi di sekolahnya.

       Prinsip itu juga kemudian membawa Pak Winarno saat menjajaki pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Beliau berusaha mati-matian agar bisa kuliah dengan mendapat beasiswa prestasi. Hal itu juga pun terwujud saat beliau kuliah S1 di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan kedokteran, secara gratis tanpa membayar uang kuliah sepeser pun. Akhirnya perjuangan keras Pak Winarno selama ini pun membawakan masa depan yang gemilang. Beliau bisa mendapat beasiswa prestasi untuk bisa melanjutkan program studi (kedokteran spesialis hewan) S2 dan program studi (bidang ilmu & teknologi pangan) S3 di Amerika. Disana beliau mendapat gelar sebagai professor untuk bidang ilmu & teknologi pangan.

       Namun disaat Pak Winarno mulai meraih keberhasilannya secara perlahan-lahan,dia harus dihadapkan pada suatu kondisi yang menyedihkan. Dimana ibunya mengidap penyakit kanker payudara. Pak Winarno yang pada saat itu sudah menjadi Dr.Spesialis Hewan pun bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Karena beliau masih belum punya uang untuk membayar biaya operasi ibunya. Beliau pun memutuskan untuk mengoperasi sendiri ibunya. Walaupun dia tahu bahwa itu adalah resiko terbesar yang harus dia ambil. Dimana jika dia dituduh melakukan operasi ilegal karena statusnya sebagai Dr.Spesialis Hewan. Tanpa berpikir panjang,akhirnya beliau melakukan operasi dengan alat yang terbatas. Pada saat melakukan operasi,beliau tanpa sengaja memotong pembuluh arteri ibunya dan menyebabkan banyaknya darah yang keluar. Namun operasi tersebut berhasil dan ibunya bisa bertahan hidup selama 18 bulan. Walaupun demikian,akibat operasinya itu membuat Pak Winarno sering didatangi mimpi tentang operasinya yang membuat pembuluh arteri ibunya terpotong. Mimpi itu kemudian membuat Pak Winarno sedikit mengalami tekanan jiwa dan membuat dia harus setiap saat berkonsultasi dengan Ahli Psikiater. Hari beganti hari, akhirnya Pak Winarno pun dapat kembali normal untuk menjalani setiap aktivitasnya.

       Banyak jalan menuju Roma, seperti pepatah inilah yang bisa kita dapat dari kisah Pak Winarno. Orang yang tetap berusaha sekuat tenaga untuk bangkit dari segala keterpurukan yang ada. Dia tidak pernah melihat kondisi finansial orang tuanya. Namun dia tetap berusaha untuk melihat peluang yang ada disekitarnya. Mungkin menurut orang lain itu sangat sukar untuk bisa melalui semua tahap itu. Tapi dengan keberhasilan Pak Winarno bisa menunjukan bahwa kekurangan keluarga tidak membuat dia untuk putus asa dan terlarut dalam kesedihan. Namun memotivasi dia untuk tetap bangkit dan menunjukan pada orang lain bahwa dia bisa berhasil. Keberhasilan demi keberhasilan yang diraih Pak Winarno. Belum lagi ditambah dengan Pak Winarno yang sudah berkepala tujuh sekarang ini,masih tetap aktif dengan jabatan Rektor di Universitas Khatolik Atma Jaya, Jakarta.

    Dari kisah diatas pun mendorong hati saya untuk membuat cerita tentang “DIBALIK LAYAR KESUKSESAN PAK WINARNO”. Dari kisah ini juga dapat mendorong kita untuk tidak melihat keterbatasan finansial yang kita miliki. Tapi lihatlah begitu banyak peluang disekitar kita yang bisa kita raih untuk mengubah setiap kehidupan kita. Ayo teman-teman bangkitlah dari segala keterpurukan kalian dan tunjukanlah kepada orang lain bahwa kalian bisa mengubah sebuah kesedihan menjadi banyak kebahagiaan dengan prestasi kalian. Kalau Pak Winarno saja bisa untuk meraihnya. Kenapa kita tidak???????

0 komentar: