Selasa, 11 Juni 2013

Kriteria Manager Proyek yang baik


Di dalam suatu organisasi atau perusahan terdapat suatu struktur organisasi dimana di dalamnya terdapat tingkatan dari berbagai jabatan yang di pegang oleh seseorang. Dari struktur organisasi tersebut ada jabatan yang dinamakan manajer, dimana jabatan manager ini menangani/memimpin para jabatan yang ada di bawahnya agar bertanggung jawab serta melaksakan tugasnya sesuai dengan tujuan organisasi. seorang manajer harus mempunyai sifat kepemimpinan, bertanggung jawab dan dapat membuat/mengambil keputusan strategis bagi organisinya.

Menurut Project Mangement Body of Knowledge Guide, mengatakan bahwa manajer proyek seseorang yang bertanggung jawab dalam mengurus sebuah proyek. 
Menurut Ritz (1994) seorang manajer proyek berasal dari suatu institusi atau seorang pengusaha yang sinonim dengan pengurus, eksekutif, supervisor dan boss.

Kriteria Manajer Proyek Yang Efektif
Tidak ada yang sempurna, kata ini memang menunjukkan sebuah realitas. Bagaimanapun tuntutan kesempurnaan kerja seorang manajer proyek yang efektif tidak dapat seratus persen terwujud. Akan tetapi ada beberapa criteria dan usaha pendekatan ke arah sana. Grey&Larson (2006) mendeskripsikan beberapa indicator, ciri dan kualitas seorang manajer proyek yang efektif. 

Sedangkan kemampuan (skill) untuk menjadi seorang manajer proyek yang baik adalah sebagai berikut :
1.  Problem Solving, kemampuan manajer dalam menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien.
2. Budgeting and Cost Skills, Kemampuan dalam hal membuat anggaran biaya proyek, analisis kelayakan investasi agar keuangan proyek dapat berjalan optimal sesuai dengan keinginan penyedia dana.
3. Schedulling and Time Management Skills, kemampuan untuk menjadwalkan proyek. Disini manajer proyek dituntut untuk dapat mengelola waktu secara baik agar proyek dapat selesai tepat waktu seperti yang diharapkan.
4.  Technical Skills, Kemampuan teknis melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam hal proyek itu sendiri, dengan mengetahui prosedur-prosedur dan mekanisme proyek. Kemampuan teknis biasanya di dapat dari penimbaan ilmu khusus di bangku formal, misalnya Institut Manajemen Proyek, dan sebagainya.
5.  Leadership Skills, Kepemimpinan menjadi salah satu peranan penting yang dimiliki oleh seorang manajer proyek.
6. Resource Management and Human Relationship Skills, Pemakaian sumber daya adalah masalah utama bagi para manajer proyek. Manajer proyek perlu memahami akibat dari kegagalan dalam mengelola sumber daya, oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam menempatkan sumberdaya yang ada dan menjadwalkannya
7.  Communication Skills, Perencanaan sebuah proyek akan menjadi tidak berguna ketika tidak ada komunikasi yang efektif antara manajer proyek dengan timnya. Setiap anggota tim harus mengetahui tanggung jawab mereka. Kadang, jadwal perencanaan yang sudah dibuat secara sempurna oleh manajer proyek tidak dijalankan oleh timnya, tim lebih memilih bekerja dengan aturan mereka sendiri. Hal ini dikarenakan sang manajer tidak memberikan penjelasan atau mempresentasikan prosedur yang diinginkan dalam menjalankan proyek.

Referensi :
  1. http://cheeoche.blogspot.com/2012/04/kriteria-manager-proyek-yang-baik.html
  2. http://ferryibo.blogspot.com/2011/04/pengertian-manajer.html
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek
  4. http://nayay.wordpress.com/2010/03/08/manager-proyek/
  5. http://ndtndt-bagol.blogspot.com/2012/06/kriteria-manajer-proyek-yang-baik.html

0 komentar: