Di dalam suatu organisasi atau
perusahan terdapat suatu struktur organisasi dimana di dalamnya terdapat
tingkatan dari berbagai jabatan yang di pegang oleh seseorang. Dari struktur
organisasi tersebut ada jabatan yang dinamakan manajer, dimana jabatan manager
ini menangani/memimpin para jabatan yang ada di bawahnya agar bertanggung jawab
serta melaksakan tugasnya sesuai dengan tujuan organisasi. seorang manajer
harus mempunyai sifat kepemimpinan, bertanggung jawab dan dapat membuat/mengambil
keputusan strategis bagi organisinya.
Menurut
Project Mangement Body of Knowledge Guide, mengatakan bahwa manajer
proyek seseorang yang bertanggung jawab dalam mengurus sebuah proyek.
Menurut
Ritz (1994) seorang manajer proyek berasal dari suatu institusi atau seorang
pengusaha yang sinonim dengan pengurus, eksekutif, supervisor dan boss.
Kriteria Manajer Proyek
Yang Efektif
Tidak
ada yang sempurna, kata ini memang menunjukkan sebuah realitas. Bagaimanapun
tuntutan kesempurnaan kerja seorang manajer proyek yang efektif tidak dapat
seratus persen terwujud. Akan tetapi ada beberapa criteria dan usaha pendekatan
ke arah sana. Grey&Larson (2006) mendeskripsikan beberapa indicator, ciri
dan kualitas seorang manajer proyek yang efektif.
Sedangkan kemampuan (skill) untuk
menjadi seorang manajer proyek yang baik adalah sebagai berikut :
1. Problem Solving, kemampuan
manajer dalam menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien.
2. Budgeting and Cost Skills, Kemampuan
dalam hal membuat anggaran biaya proyek, analisis kelayakan investasi agar
keuangan proyek dapat berjalan optimal sesuai dengan keinginan penyedia dana.
3. Schedulling and Time Management Skills, kemampuan
untuk menjadwalkan proyek. Disini manajer proyek dituntut untuk dapat mengelola
waktu secara baik agar proyek dapat selesai tepat waktu seperti yang
diharapkan.
4. Technical Skills, Kemampuan
teknis melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam hal proyek itu sendiri,
dengan mengetahui prosedur-prosedur dan mekanisme proyek. Kemampuan teknis
biasanya di dapat dari penimbaan ilmu khusus di bangku formal, misalnya
Institut Manajemen Proyek, dan sebagainya.
5. Leadership Skills, Kepemimpinan
menjadi salah satu peranan penting yang dimiliki oleh seorang manajer proyek.
6. Resource Management and Human Relationship
Skills, Pemakaian sumber daya adalah masalah utama bagi para
manajer proyek. Manajer proyek perlu memahami akibat dari kegagalan dalam
mengelola sumber daya, oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam menempatkan
sumberdaya yang ada dan menjadwalkannya
7. Communication Skills, Perencanaan
sebuah proyek akan menjadi tidak berguna ketika tidak ada komunikasi yang
efektif antara manajer proyek dengan timnya. Setiap anggota tim harus
mengetahui tanggung jawab mereka. Kadang, jadwal perencanaan yang sudah dibuat
secara sempurna oleh manajer proyek tidak dijalankan oleh timnya, tim lebih
memilih bekerja dengan aturan mereka sendiri. Hal ini dikarenakan sang manajer
tidak memberikan penjelasan atau mempresentasikan prosedur yang diinginkan
dalam menjalankan proyek.
Referensi
:
- http://cheeoche.blogspot.com/2012/04/kriteria-manager-proyek-yang-baik.html
- http://ferryibo.blogspot.com/2011/04/pengertian-manajer.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek
- http://nayay.wordpress.com/2010/03/08/manager-proyek/
- http://ndtndt-bagol.blogspot.com/2012/06/kriteria-manajer-proyek-yang-baik.html
0 komentar:
Posting Komentar